Rabu, 13 November 2013

interaksi sosial

A. CONTOH GAMBAR BESERTA PENJELASAN TENTANG INTERAKSI SOSIAL
1. Rapat Akbar Perdana Interaksi 2011

Rapat Akbar Perdana Interaksi dilaksankan pada tanggal 17 Juni 2011 di Gedung UKM Lantai 2 FEB UB pada jam 17.00 WIB. Sesi pertama adalah penjelasan tentang Interaksi secara umum dan visi, misi dan tujuan yang dimiliki oleh Interaksi. Rakbar dibuka oleh Sekum Interaksi 2011 Anesia Putri Kinanti. Sesi kedua adalah pertunjukan jargon tiap divisi dan penjelasan job desk tiap dvisi tersebut. Sesi ketiga sekaligus terakhir adalah penjelasan tagline Interaksi 2011 oleh Kapel Interaksi 2011, Edwin Adityasto. Tagline tersebut adalah "Together We Are Better".

2. Peduli Sungai Sejak Dini
12996457681801126549
Mengenalkan lingkungan melalui pendidikan lebih efektif dengan langsung turun kelapangan. Setidaknya demikian menurut pemahaman saya atas teori John Dewey dan juga Paulo Preire. Bukan saja interaksi secara langsung dengan masalah yang terjadi dilapangan tetapi juga mengajak untuk berpikir lebih dalam tentang solusi yang diharapkan muncul dari tinjauan lapangan tersebut. Menurut John Dewey belajar itu, tidak mesti diperoleh dari buku-buku, melainkan harus diberikan kepada siswa melalui praktek dan tugas-tugas yang berguna. Belajar harus lebih banyak difokuskan melalui tindakan dari pada melalui buku. Dewey percaya terhadap adanya pembagian yang tepat antara teori dan praktek. Hal ini membuat Dewey demikian lekat dengan atribut learning by doing. Yang dimaksud di sini bukan berarti ia menyeru anti intelektual, tetapi untuk mengambil kelebihan fakta bahwa manusia harus aktif, penuh minat dan siap mengadakan eksplorasi.

  1. Gotong Royong di Lingkungan

Manusia dalam kehidupannya tidak dapat hidup sendiri tanpa orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang sepanjang hidupnya bersosialisasi dengan orang lain dalam proses interaksi. Interaksi sosial menghasilkan banyak  bentuk sosialisasi. Bisa berupa interaksi antar individu, interaksi individu dengan kelompok, dan interaksi antara kelompok. Sedangkan syarat terjadinya interaksi sosial adalah terjadi kontak sosial dan terjadi komunikasi.
Berikut ini adala pengertian dan definisi interaksi sosial menurut para ahli:
# ASTRID. S. SUSANTO
Interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial. Hasil interaksi sangat ditentukan oleh nilai dan arti serta interpretasi yang diberikan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam interaksi ini.
# BONNER
Interaksi sosial adalah suatu hubungan antara dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya.
# KIMBALL YOUNG & RAYMOND W. MACK
Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antar individu, antara individu dengan kelompok, maupun antara kelompok dengan kelompok lainnya.
# SOERJONO SOEKANTO
Interaksi sosial merupakan dasar proses sosial yang terjadi karena adanya hubungan-hubungan sosial yang dinamis mencakup hubungan antarindividu, antarkelompok, atau antara individu dan kelompok
# GILLIN & GILLIN
Interaksi sosial adalah suatu hubungan sosial yang dinamis antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok
# MARYATI & SURYAWATI
Interaksi sosial adalah kontak aau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok.
# MURDIYATMOKO & HANDAYANI
Interaksi sosial adalh hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.


B. CONTOH GAMBAR BESERTA PENJELASAN TENTANG INTERAKSI INDIVIDU

  1. Interaksi antara Individu dengan Individu
Interaksi sosial adalah suatu hubungan antar sesama manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain baik itu dalam hubungan antar individu, antar kelompok maupun atar individu dan kelompok. Berikut adalah salah satu contoh dari interaksi sosial :

KOMENTAR :
Interaksi sosial yang terjadi pada gambar di atas menujukkan salah satu contoh bentuk interaksi sosial antara individu dan individu. Pada gambar terlihat seorang pasien sedang berkonsultasi dengan seorang dokter dan dokter memberikan keterangan dan saran atas konsultasinya.Interaksi sosial dalam gambar di atas bersifat positif karena saling menguntungkan para pelakunya.

2. Interaksi antara Individu dengan Kelompok
Ketika seorang guru sedang memberikan materi pelajaran di kelas kepada siswa-siswanya, maka di sana telah terjadi interaksi antara individu dengan kelompok. Guru sebagai individu yang berinteraksi dengan sekelompok siswa di dalam kelas. Contoh lain, seorang polisi yang sedang memberikan pengarahan tentang bahayanya narkoba kepada siswa di kelas. Jadi, interaksi ini berlangsung antara individu dengan kelompok.

Interaksi antara individu dengan kelompok. (Sumber: Majalah Kartini)

3. Interaksi antara Kelompok dengan Kelompok
Interaksi ini berlangsung antara dua kelompok manusia. Sebagai contoh dalam kegiatan pertandingan sepak bola, di mana dalam pertandingan itu terjadi interaksi antara dua kelompok manusia yang sedang memperebutkan gelar juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar